.

Media ukhuwah keluarga kelas 4

السلام عليكم ورحمة الله وبر كا ته

الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

ahlan wa sahlan. selamat datang di blog ini, semoga dengan ini semakin erat ukhuwah diantara kita, dan banyak manfaat yang bisa di peroleh di sini, saran dan masukan sangat kami harapkan. kirimkan pesan dan kesan anda ke kelas4esluha@gmail.com

terima kasih

HOT NEWS

RAPOT

DIBAGIKAN HARI JUM’AT

25 JUNI 2010

HARI BESAR WAKTUNYA PENDEK

MOHON BISA DATANG LEBIH AWAL

Jumat, 28 Mei 2010

Garis Besar Materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 4 (Empat) 2010


                                     Komposisi Soal
Nmr
Jenis Soal
Jumlah
Sem I
Sem II
I
II
III
Pilihan Ganda
Jawaban Singkat
Uraian
35
10
5
11
3
2
24
7
3

BAHASA INGGRIS
Semester I
No
Standart Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    
Numbers
            Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman mengenai angka 1-10 OOO OOO.
2.    
Pillars of Islam

merespon pesan lisan, mengucapkan dengan jelas, membaca nyaring dan menulis dengan benar tentang Rukun Islam
3.    
Parts of House
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai benda-benda yang ada di Bagian-bagian rumah.
4.    
Living room
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai benda-benda yang ada di Kamar tamu.
5.    
Bed room
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai benda-benda yang ada di Kamar tidur
6.    
Dining room
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai benda-benda yang ada di Kamar makan
7.    
Bath room
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai benda-benda yang ada di Kamar mandi
8.    
kitchen
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai benda-benda yang ada di dapur
Semester II
5
1.Apologies
Dapat menyampaikan ungkapan permohonan maaf  dan juga menjawab sesuai dengan penyebabnya
6
2. Adjective
Dapat  menggambarkan keadaan fisik, darisesuatu atau seseorang,juga bertanya dan menjawab tentang keadaan nya
7
3. Hobbies
Dapat menyebutkan, bertanya dan maenjawab tentang macam-macam hoby.
8
Date and month
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai hari-hari dalam sepekan, mengkaitkan dengan hari ini,besok,  kemaren, dan hari-haribesar nasional
9
compases
Siswa dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dan tertulis mengenai arah mata angina dan letak suatu tempat menurut arahnya

BAHASA JAWA
Semester I
No
Standart Kompetensi
Kompetensi Dasar
1
Angka
Siswa mangerteni lan bisa migunaake angka, becik nganggo basa Jawa Ngoko utawa basa Krama Alus kanthi bener, wiwit angka 1 tekan 1.000.00
2
Ukara pitakon
Siswa mangerteni lan bisa migunaake ukara pitakon, becik nganggo basa Jawa Ngoko utawa basa Krama Alus kanthi bener
3
Perangane awak
Siswa mangerteni lan bisa migunaake arane  perangane awak, becik nganggo basa Jawa Ngoko utawa basa Krama Alus kanthi bener
4
Sifate pawongan
Siswa ngarani lan mangerteni sifate pawongan becik nganggo basa Jawa Ngoko utawa basa Krama Alus kanthi bener
Semester II ( 70%)
5
 Aksara jawa
Siwa bisa maca lan nulis aksara jawa nglegena(tanpa sandhangan)
6
Cangkriman
Siswa nduweni wawasan saperangan cangkriman lan jawabane
7
 Unggah-ungguh marang wong tuwa
Siswa mangerteni lan bisa ngetrepake unggah-ungguhe bocah marang wong tuwa
8
Tembung entar
Siswa nduweni mangerteni  saperangan tembung entar sing lumrah kagunakake
9
Pranatahadicara
Siswa bisa kapiji pinangka pranata hadicara ana ing ngarep kelas, lan mangerteni ukara-ukara kang kagunakake.

TIK
No
Standart Kompetensi
Kompetensi Dasar
1
Perangkat-perangkat teknologi informasi dan komunikasi
·   Siswa mampu menyebutkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti faximile, telepon, handphone, komputer, audio visual dan internet
·   Siswa mampu menyebutkan pengaruh posotif dan negative penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
·   Siswa mampu menyebutkan fungsi dari penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
2
Pengenalan elemen-elemen pendukung teknologi informasi dan fungsinya
Contoh: CPU, Monitor, Keyboard, Hardisk, Mouse, disker, speaker dll
·         Siswa mampu menyebutkan Menjelaskan definisi komputer
·         Siswa mampu menyebutkan termasuk perangkat keras (hardware) serta fungsinya
·        Siswa mampu menyebutkan yang termasuk perangkat lunak (software) serta fungsinya Menjelaskan perangkat manusia (brainware) dan fungsinya
·         Siswa mampu menyebutkan cara menghidupkan dan mematikan komputer secara prosedur (menunjukan tombol power CPU dan monitor)
3
Keyboard dan fungsinya
·   Siswa mampu menyebutkan tombol-tombol keyboard
·   Siswa mampu menyebutkan fungsi tombol-tombol keyboard seperti space bar, Delete, Back space, tab, shift,caps lock dan enter.
·   Siswa mampu menyebutkan letak jari-jari pada tombol keyboard dengan benar.

4
Perangkat lunak dan fungsinya
·   Siswa mampu menyebutkan program-program yang lazim digunakan
·   Siswa mampu menyebutkan fungsi-fungsi utama program-program tersebut
·   Siswa mampu menyebutkan icon masing-masing program
                     Semester II ( 70%)
5
1. Menyimpan file
Siswa bisa dan paham menyimpan file dengan 2 cara:
  1. save
  2. save as
6
2. Membuat Folder
Siswa bisa membuat folder dgn 2 cara
  1. file => new folder
  2. save as => creat new folder
7
3. Menyisipkan Word Art
Siswa bisa menyisipkan word art dgn
Insert word art (klikikon word art)
8
Membuat gambar dengan program Paint
Siswa bisa mengoperasikan mengetahui dan menggunakan ikon-ikon dalam program paint untukmenggambar
9
Membuat tabel
Siswa bisa membuat tabel dan memodifikasi tabel  (memberi warna cell, merubah garis, menggabungkan cell, memecah cell, menambah/mengurangi  kolom, menambah/mengurangi  baris dan menyisipkanya dalam teks

MATEMATIKA
No
Standart Kompetensi
Kompetensi Dasar
1
Sifat-sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat
Sifat-sifat Operasi hitung
Mengurutkan bilangan
Perkalian dan pembagian
Operasi hitung campuran
Penaksiran dan pembulatan
Uang
2
Faktor dan kelipatan bilangan
Faktor dan kelipatan
Faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan
FPB dan KPK
3
Pengukuran sudut, waktu, panjang, dan berat
Pengukuran sudut
Hubungan antar satuan waktu,panjang, dan berat
Satuan kuantitas
4
Keliling dan luas bangun datar
Keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
5
Bilangan bulat
Mengurutkan bilangan bulat
Penjumlahan bilangan bulat
Pengurangan bilangan bulat
Operasi hitung campuran bilangan bulat
6
Pecahan
Arti pecahan dan urutanya
Menyederhanakan pecahan
Penjumlahan pecahan
Pengurangan pecahan
7
Bilangan Romawi
Lambang bilangan romawi
8
Sifat – sifat bangun ruang sederhana
Sifat-sifat bangun ruang sederhana
Jarring-jaring balok dan kubus
Bangun datar simetris
Pencerminan bangun datar
 
BAHASA ARAB
NO
Materi
Kompetensi dasar
1
Kaifa haluka
Memahami kata-kata yang berkaitan dengan keadaan
2
Maa hadzihi
Memahami kata-kata yang berkaitan dengan pertanyaan barang
2
Man hadza
Mengetahui kata-kata yang berkaitan dengan bertanya orang
3

4
Madza filfasli
Mengetahui benda-benda yang ada di dalam kelas
Ma mihnatu
Mengtahui kata-kata yang berkaitan dengan profesi
5
Ismi
Mengetahui kata-kata yang berkenaan tentang kedudukan
6
Aina usrotuki
Mengetahui kata-kata yang berkaitan dengan Usroti

PAI
NO
Materi
Kompetensi dasar
1
2
QS. Al Fatihah
Memahami arti Al Fatihah
QS. Al Ihlas
Memahami arti Al Ihlas
2
Sifat jaiz bagi Allah SWT.
Mengetahui Sifat jaiz bagi Allah
3

4
Perilaku Nabi Muhammad SAW
Mengtahui Perilaku Nabi Muhammad SAW
Perilaku tobat Nabi Adam
Mengtahui Perilaku Nabi Adam a.s.
5
Salat
Menyebutkan ketentuan-ketentuan shalat
6
QS. Al Kausar
Mengetahui arti dan kandungan QS. Al Kausar
7
QS. Al ‘Asr
Mengetahui arti dan kandungan QS. Al ‘Asr
8
Malaikat
Mengetahui nama malaikat dan tugasnya
9
Kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Mengetahui dan meneladani kisah dan perilaku Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
10
Dzikir dan doa
Mengetahui bacaan dan artinya  serta tata cara dzikir dan doa

IPS

MATERI
KOMPETENSI
DASAR
1
Bab I
Membaca Peta lingkungan Hidup
Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, propinsi dengan menggunakan skala sederhana
2
Bab II
Ketampakan alam dan Keragaman Sosial-Budaya

3
Bab III
Jenis dan Persebaran SDA
Menyebutkan jenis dan persebaran SDA serta pemanfaatannya  untuk kegiatan ekonomi dilingkungan setempat
4
Bab IV
Keragaman Budaya dan Suku Bangsa
Menghargai keradan buda keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota/provinsi)
5
Bab V
Peninggalan Sejarah
Menghargai benda  peninggalan sejarah dilingkungan setempat kabupaten/kota, provinsi
6
Bab VI
Kepahlawanan
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh dilingkungan kabupaten/kota dan provinsi
7
Bab VII
Kegiatan Ekonomi
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan SDA dan potensi lain di daerah
8
Bab VIII
Koperasi
Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
9
Bab IX
Teknologi Produksi, Komunikasi dan transportahan 
Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengolahan menggunakannya
10
Bab X
Persalalahan Sosial
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

B. INDONESIA
No
Sub materi

Sem 1


1.
Bagian-bagian surat pribadi

2.
Kata depan di

3.
Kalimat tanya

4.
Melengkapi percakapan

5.
Pikiran pokok

6.
Susunan/pola kalimat lengkap

7.
Lawan kata (antonim )

8.
Arah perjalanan

9.
Panggunaan tanda baca koma

10.
Kata depan dengan

11.
Kata dasar

12
Kalimat langsung


Semester 2

1.
Singkatan yang sudah umum(Penggunaan tanda baca titik

2.
Pantun

3.
Imbuhan gabung me-kan, me-i

4.
Pengumuman

5.
Penggunaan tanda baca pisah

6.
Kalimat utama

8.
Percakapan lewat telepon

9.
Kata penghubung

10. 
Keterangan cara

11
sinonim


SBK (SENI BUDAYA & KETRAMPILAN)
NO
Materi
Kompetensi dasar
1
Materi UKK teori warna

  • warna primer
  • warna sekunder
  • warna tersier
  • sifat warna
  • arti warna
2
Memasak

  • cara memasak nasi putihdari awal sampai matang
3
Praktek (Kaligrafi arab)
membawa peralatan

  • pastel /pewarna
  • spidol
  • pensil no. 5b
  • cat air (kalau ada)
  • penggaris



READ MORE - Garis Besar Materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 4 (Empat) 2010