KARAKTER PEMBELAJARAN
DI SEKOLAH DASAR*
Oleh
Agung Trianto,S.Si
Proses pembelajaran perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Itu sebabnya proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak berbeda dengan proses pembelajaran di sekolah dasar atau dengan tingkat pendidikan yang lainnya. Demikian pula proses pembelajaran pada kelas rendah(1-3)di SD karakternya akan berbeda dengan proses pembelajaran pada kelas tinggi(4,5,6)
Secara umum perbandingan karakteristik pembelajaran di sekolah dasar adalah
Kelas rendah (1-3) | Kelas Tinggi(4-6) |
Kelas 1 - 2 v Berorientasi pada pembelajaran fakta , lebih bersifat konkret atau kejadian-kejadian yang ada disekitar lingkungan siswa v Pembelajaran bersifat tematik (fleksibel tidak ada pemisahan matapelajaran dan dapat mengembangkan bakat sesuai minat siswa , menumbuhkembangkan kreatifitas siswa,kemampuan sosial , belajar bertahan lama dan menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah) Kelas 3 v Sudah dihadapkan pada konsep generalisasi yang dapat dperoleh dari fakta atau dari kejadian-kejadian yang konkret | v Dilaksanakan berbasis masalah sehingga siswa mampu memecahkan masalah dengan mandiri . v Menggunakan pendekatan konstruktivis :(mencari , menemukan , menggolongkan, menyusun , melakukan, mengkaji, dan menyimpulkan sendiri, atau berkelompok dari substansi yang dipelajarinya ) v Mengembangkan siswa berani berargumentasi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan agar memliki rasa ingin tahu , memiliki sikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain . v Pembelajaran dilaksanakan secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa tentang konsep dan generalisasi hingga penerapannya. |
Dari perbedaan karakteristik diatas dibutuhkan kerjasama yang baik antara ustadz dan walisiswa dalam rangka penumbuhan dan pengembangan diri siswa , sehingga segala potensi siswa dapat lebih optimal dan menjadi anak yang sholeh dan shalihah penyejuk hati orang tua. .amiien
0 komentar:
Posting Komentar