.

Media ukhuwah keluarga kelas 4

السلام عليكم ورحمة الله وبر كا ته

الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

ahlan wa sahlan. selamat datang di blog ini, semoga dengan ini semakin erat ukhuwah diantara kita, dan banyak manfaat yang bisa di peroleh di sini, saran dan masukan sangat kami harapkan. kirimkan pesan dan kesan anda ke kelas4esluha@gmail.com

terima kasih

HOT NEWS

RAPOT

DIBAGIKAN HARI JUM’AT

25 JUNI 2010

HARI BESAR WAKTUNYA PENDEK

MOHON BISA DATANG LEBIH AWAL

Rabu, 05 Mei 2010

Mengenal Karakter Belajar anak Kita

KARAKTER PEMBELAJARAN

DI SEKOLAH DASAR*

Oleh

Agung Trianto,S.Si

Proses pembelajaran perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Itu sebabnya proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak berbeda dengan proses pembelajaran di sekolah dasar atau dengan tingkat pendidikan yang lainnya. Demikian pula proses pembelajaran pada kelas rendah(1-3)di SD karakternya akan berbeda dengan proses pembelajaran pada kelas tinggi(4,5,6)

Secara umum perbandingan karakteristik pembelajaran di sekolah dasar adalah

Kelas rendah (1-3)

Kelas Tinggi(4-6)

Kelas 1 - 2

v Berorientasi pada pembelajaran fakta , lebih bersifat konkret atau kejadian-kejadian yang ada disekitar lingkungan siswa

v Pembelajaran bersifat tematik

(fleksibel tidak ada pemisahan matapelajaran dan dapat mengembangkan bakat sesuai minat siswa , menumbuhkembangkan kreatifitas siswa,kemampuan sosial , belajar bertahan lama dan menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah)

Kelas 3

v Sudah dihadapkan pada konsep generalisasi yang dapat dperoleh dari fakta atau dari kejadian-kejadian yang konkret

v Dilaksanakan berbasis masalah sehingga siswa mampu memecahkan masalah dengan mandiri .

v Menggunakan pendekatan konstruktivis :(mencari , menemukan , menggolongkan, menyusun , melakukan, mengkaji, dan menyimpulkan sendiri, atau berkelompok dari substansi yang dipelajarinya )

v Mengembangkan siswa berani berargumentasi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan agar memliki rasa ingin tahu , memiliki sikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain .

v Pembelajaran dilaksanakan secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa tentang konsep dan generalisasi hingga penerapannya.

Dari perbedaan karakteristik diatas dibutuhkan kerjasama yang baik antara ustadz dan walisiswa dalam rangka penumbuhan dan pengembangan diri siswa , sehingga segala potensi siswa dapat lebih optimal dan menjadi anak yang sholeh dan shalihah penyejuk hati orang tua. .amiien

0 komentar:

Posting Komentar